Rabu, 08 April 2015

Bersahabatlah Bersama Masalah

Kisah bermula saat ada dua orang pelaut yang hidup pada dua daerah yang berbeda, yaitu Ardi dan Beni.
 Ardi adalah pelaut yang hidup pada sebuah pulau tepian pantai yang tenang. Setiap hari menikmati hembusan angin laut yang menenangkan hati. Ketika melaut pun, tak pernah mengalami kesulitan yang berarti. Air laut yang tenang, tanpa ada ombak besar dan angin yang menakutkan.
Disisi lain, Beni mengalami nasib yang bertolak belakang dengan Ardi. Hampir setiap hari ia harus berlayar di tengah badai menerpa. Ombak yang menakutkan dan angin rebut yang mencekam telah menjadi teman akrabnya dalam mengais rezeki demi sesuap nasi. Ia harus berjuang mengalami rintangan itu untuk menafkahi keluarganya..
Jika ditanya, siapakah diantara kedua pelaut itu yang lebih tangguh? Tentu kita akan sependapat menjawab Beni. Mengapa? Karena rintangan itu tak mungkin dilalui oleh seorang pelaut yang tidak tangguh. Sedangkan Ardi terbiasa dengan ketenangannya, belum tentu terbiasa dengan rintangan di laut.
Ombak, badai, dan angin ribut merupakan kesulitan. Dan kesulitan itulah yang dianggap sebagai masalah. Namun ternyata, masalah dapat mendidik jiwa kita untuk lebih tangguh. Kesulitan bagaikan sebuah seleksi alam, yang tidak bisa, akan tertinggal. Dengan kata lain, kita juga membutuhkan masalah untuk menjadi lebih baik.
Jika kita mengidolakan seorang tokoh besar yang sukses, maka jangan lihat pada hasil akhir takdir orang tersebut. Namun lihatlah proses kesukaran yang telah dilaluinya. Karena kesulitan yang dihadapi akan sejalan dengan kesuksesan yang diterima. Menjadi orang besar memang tampak nikmat, namun semakin besar diri seseorang, semakin besar pula masalah yang akan dihadapinya dalam kehidupan.
Untuk itu, jadilah pribadi yang tangguh dengan bersahabat bersama masalah! Jangan terlalu lama menikmati air laut yang tenang karena sungguh akan membuat kita terlena sehingga pada saatnya jatuh, kita dapat jauh lebih terpuruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kaos Kaki Jempol Tapak Hitam

Kaos Kaki Jempol _____________________________________________________ Bahan lembut, lentur, nyaman di kaki dan telapak hitam, jadi tidak mu...